Merek,
logo, jenama atau apapun disebutnya mengacu pada tulisan, gambar atau gabungan
keduanya yg menjadi representasi dr entitas yg menghasilkannya. Merek tertentu
tidak hanya mengingatkan kita pada suatu produk, tetapi juga kualitas, sejarah,
bahkan rasanya. Merek adalah jembatan konsumen dengan produsen.
Agar
mudah dikenal, merek ditampilkan pada bagian2 yg mudah terlihat. Contohnya
merek mobil yg selalu ada di bagian depan mobil dan di tempat2 di bagian mobil
yg gambang terpajan. Demikian juga dengan produk lain seperti sepeda motor,
tas, buah2an, atau pakaian.
Pakaian:
kemeja, misalnya, mencantumkan mereknya di sisi atas saku depan, di kancing,
dan di kerah. Itu tempat2 merek selalu hadir by default. Kerah: utama, lainnya:
pilihan. Sekarang, tempat2 default itu sudah bergeser. Merek sudah mulai
merambah ke lahan lain yg lebih nyaman, terutama dalam dunia perkemejaan dan
percelanaan.
Dalam
dunia perkemejaan merek lebih berani keluar dari pakem. Merek kadang2 didapati
berada di lengan bagian luar sehingga mudah terbaca dr samping. Ada juga merek
yg menangkring di punggung bagian atas yg terlihat dr belakang. Bahkan ada,
selain diletakkan di tempat baru, merek yang ditambahkan dengan kata yg
berkonotasi buruk agar khas dan unik, seperti Joger jelek.
Bahkan,
khusus utk baju kaus, merek sering didapati menjadi hiasan di bagian depan atau
belakang: tertulis besar. Merek terkenal biasanya menggunakan cara itu: lebih
terlihat dan provokatif. Permerekan sudah seperti perumahan saja: menginvansi
tempat baru yg tidak saja agar mudah dilihat tapi juga mudah diingat, dan satu
lagi: memprovokasi.
Disebabkan
tidak ada pakem dalam dunia permerekan, kecuali rambu2: mudah terlihat, mudah
diingat, dan (mungkin) menyeleneh, beberapa merek sangat kreatif. Untuk ketiga
rambu2 itu, celana bermerek "red seven" patut diacungi jempol: jempol
ke atas atau ke bawah, opsional. Kenapa demikian? karena merek ini bertahta di
kain penutup resleting yg berbentuk belati. Tidak saja mudah terlihat, tapi
mudah diingat karena nyeleneh...he he (AD)
Komentar
Posting Komentar